News Sri Mulyani: 2017 Perdagangan International Lemah, Jangan Andalkan Ekspor

Sri Mulyani: 2017 Perdagangan International Lemah, Jangan Andalkan Ekspor

sisiusaha (08/9)

creative people.. KTT G20 di China baru saja selesai digelar, Menteri Keuangan Sri Mulyani sepulang dari menghadiri KTT tersebut menyampaikan pandangan negara-negara dalam konferensi tersebut bahwa perdagangan internasional pada 2017 masih akan tetap lemah.

Sri Mulyani yang akrab disapa Ani tersebut menjelaskan bahwa kebijakan ekonomi China tengah memindahkan fokus dari perdagangan internasional kepada domestik. Selain itu, mitra dagang terbesar Indonesia lainnya, Amerika Serikat dan Jepang juga belum menunjukkan perkembangan yang signifikan dalam peningkatan perdagangan internasional.

"Satu catatan kita kalau bicara growth, tidak boleh mengandalkan pertumbuhan ekonomi dari faktor luar negeri," kata Sri Mulyani dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta Selatan, Rabu (7/9/2016) malam. "Perdagangan dunia perlemahan masih sangat sistemik fudamental sudah lama. Pemulihan pertumbuhan ekonomi dunia dari sisi perdagangan internasional tidak secepat pertumbuhan ekonomi itu sendiri. Perdagangan internasional masih sangat lemah," lanjut Sri Mulyani.

Lemahnya ekspor dan impor di tahun 2017 juga akan mempengaruhi penerimaan negara dari bea masuk barang. Namun, pihaknya menegaskan bahwa sebagian besar perbaikan ekonomi di tahun 2017 masih akan dirasakan. "Kontraksi ekspor dan impor sangat jelas growth di atas 5% dan ini mempengaruhi pemerimaan bea masuk ekspor dan impor. Pada dasarnya permintaan struktur supply kita mengalami recovery," kata Sri Mulyani.

Dirinya juga menambahkan bahwa di tahun mendatang pemerintah memiliki tugas besar untuk meningkatkan investasi di dalam negeri. Investasi di dalam negeri harus digenjot untuk merealisasikan pertumbuhan ekonomi dalam negeri 5,3%. "Pembentukan modal bruto atau investment masih sangat rendah kalau kita ingin tumbuh lebih tinggi lagi," ujar Sri Mulyani. (RED)

 

Baca Juga: Sri Mulyani Bekukan DAU Tapi Jamin Tak Ganggu Gaji PNS

 

 

Rekomendasi

Baca Juga