News Masjid Chiba Cetak Rekor 'Crowdfunding' Kumpulkan Donasi Hampir Rp.2 Miliar

Masjid Chiba Cetak Rekor 'Crowdfunding' Kumpulkan Donasi Hampir Rp.2 Miliar

sisiusaha (07/9)

creative people.. Crowdfunding atau penggalangan dana melalui internet menjadi sebuah trend baru, ditujukan untuk kegiatan sosial maupun usaha. Cara ini terbukti ampuh, telah banyak cerita keberhasilannya, salah satunya adalah penggalangan dana untuk Kampanye yang ditujukan untuk mendanai pembangunan Masjid Chiba, Jepang melalui www.kitabisa.com telah mencatat rekor baru berhasil mengumpulkan donasi hampir Rp.2 miliar.

Rekor sebelumnya dipegang oleh kampanye untuk Tristan Alif dengan total dana Rp 879 juta. Kampanye ini diinisiasi oleh Rhenald Kasali & Andrinof Chaniago sebagai beasiswa pendidikan bola untuk Tristan Alif yang dijuluki "Messi Indonesia". Kampanye untuk pembangunan Masjid Chiba digalang komunitas muslim Indonesia di Jepang yang sudah bertahun-tahun menyewa tempat untuk beribadah. Tahun ini mereka beranikan diri untuk bayar uang muka pembelian gedung yang akan dijadikan masjid. Batas akhir pelunasan adalah 20 September 2016. Jika tidak lunas, uang muka akan hangus.

Mereka pun melakukan penggalangan dana dengan berbagai strategi, seperti menyebarkan poster, berkeliling dengan kotak donasi, hingga akhirnya mereka membuat laman di Kitabisa. Dengan bantuan para netizen, laman tersebut telah di-shareribuan kali dan menjangkau jutaan orang di sosial media.

"Alhamdulillah, sambutan masyarakat sangat positif. Kami tidak menyangka halaman kitabisa.com/masjidchibajepang ini bisa tersebar dengan sangat cepat. Sangat dinantikan bantuan dari saudara-saudara lainnya. Semoga sebelum 20 September Masjid Chiba sudah lunas," ujar dr Mulki Angela, perwakilan Chiba Islamic Cultural Center dalam siaran persnya.

Hingga kini, donasi sudah terkumpul Rp 1,9 miliar dari 4.000 donatur atau 96 persen dari target Rp 2 miliar. Mayoritas donatur adalah masyarakat Indonesia sendiri yang melihat Facebook post dari Kitabisa.com yang di-share ribuan orang. Sebagian lainnya dari diaspora Indonesia dari berbagai negara.

"Kitabisa memberikan pengalaman donasi seperti belanja online. Semuanya bisa dibaca secara jelas dan transparan, ada banyak pilihan pembayaran, dan donatur akan mendapatkan laporan penggunaan dana melalui email," terang Alfatih Timur CEO Kitabisa.com. Sampai saat ini Kitabisa.com sendiri sudah mengumpulkan donasi Rp 30 miliar dari lebih dari 2.000 kampanye sosial.

"Siapapun bisa menggalang dana di Kitabisa, mulai dari bantuan biaya medis, memberikan beasiswa, membangun rumah ibadah, dll. Tinggal buka website kami dan klik tombol galang dana. Kami berusaha membuat proses galang dana menjadi lebih transparan dan viral”, tambah Alfatih. (RED)

Rekomendasi

Baca Juga