News Baduy Resmi Memiliki Kampung Digital

Baduy Resmi Memiliki Kampung Digital

sisiusaha (01/9)

creative people.. Mendengar kata Baduy selalu melekat dalam ingatan dengan sebuah kearifan lokal yang kental dengan hukum adat dan budaya turun-temurunnya. Lalu bagaimana ketika ada kampung digital di Baduy? Ya, sekarang Baduy memiliki kampung digital yang telah diresmikan oleh PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (Telkom).

Telkom meresmikan Kampung UKM Digital Ciboleger Baduy, Lebak Banten, setelah pada tanggal 17 Agustus 2016 lalu meresmikan Kampung UKM Digital di Kaligasing, Purworejo. Program Kampung UKM Digital sendiri bertujuan menjadikan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) lebih maju, mandiri dan modern.

“Pada hari ini apa yang dulunya semacam mimpi ternyata bisa terwujud. Dengan kuasa Allah SWT disertai dengan semangat Patriot Telkom program 300 Kampung UKM Digital tercapai dalam waktu yang lebih singkat dari waktu yang dicanangkan. Sungguh semangat yang tak lekang dihadang penghalang,” kata Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddinhingga dalam peluncuran Kampung UKM Digital yang digelar di Ciboleger, Baduy Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Kampung ini sangat istimewa, karena selain sebagai lokasi yang ke-300, Baduy sudah sangat terkenal dengan kearifan lokalnya. Kini akan semakin terbuka ke dunia global, dan akan semakin dikenal dan menjadi tujuan wisata atau pembelajaran kehidupan dalam hal bagaimana masyarakat Baduy tetap menjaga kearifan lokal demi kesejahteraan masyarakat yang ada di lingkungan kampung Baduy ini.

Menurut Awaluddin sampai saat ini respon masyarakat terhadap kehadiran Kampung UKM Digital sangat positif, UKM-UKM di berbagai daerah sangat antusias mengembangkan usahanya melalui cara yang lebih digital, sehingga Telkom putuskan untuk mencanangkan kembali program ini menjadi “1000 Kampung UKM Digital hingga tahun 2016”.

Menurut Awaluddin, Telkom mencanangkan 1.000 Kampung UKM Digital melalui 3 jurus, yaitu Jurus pertama: Enriching program dengan memperkaya konten dan aktivitas. Jurus kedua: Improving competence melalui peningkatan intensitas pelatihan volunteer dan pendampingan bisnis baik offline maupun online. Dan jurus pamungkasnya, yaitu Strengthening ecosystem dengan memperkuat jejaring ekosistem UKM.

Kampung UKM Digital diperkenalkan Telkom sejak Juni 2015 untuk melengkapi gerakan pengembangan UKM yang telah dicanangkan, seperti roadshow BAGUS Indonesia, Sentra UKM, Kampung Nelayan Digital. Program Kampung UKM Digital tersebut merupakan pionir dalam program pengembangan UKM berbasis teritory dan komunitas yang diinisiasi Divisi Business Services dari Telkom. (RED)

Rekomendasi

Baca Juga