Trivia Sejarah Bebek Bengil

Sejarah Bebek Bengil

sisiusaha (08/8)

creative people.. Selain keindahan alam, Bali juga memiliki beragam kuliner yang lezat, salah satunya adalah Bebek Bengil. Bebek bengil merupakan masakan khas Bali, dalam bahasa masyarakat setempat 'bengil' berarti 'kotor'. Di Bali ada sebuah restauran yang bernama Retauran Bebek Bengil Restoran Bebek Bengil ini terletak di daerah Ubud.

Asal kata Bebek Bengil atau dikalangan wisatawan asing dikenal dengan sebutan Dirty Duck diawali pada tahapan konstruksi, dimana hingga proses finishing belum juga ditemukan nama yang cocok untuk resto ini. Disore hari ketika para pekerja bangunan selesai menyemen lantai, datang segerombolan bebek yang penuh lumpur dari sawah yang ada dibelakangnya, akibatnya seluruh lantai menjadi kotor dan penuh dengan tapak kaki bebek.

Disinilah awal mula restoran memberi nama Bebek Bengil yang artinya bebek nakal yang kotor. Namun ternyata pemilihan nama Bebek Bengil justru menciptakan branding yang kuat. Restoran Bebek Bengil terkenal dan menjadi pilihan favorit wisatawan saat berkunjung ke Ubud. Berlokasi di Jalan Hanoman, kawasan Padang Tegal, Ubud Bali.

Hampir tiap hari restoran Bebek Bengil Ubud tidak pernah sepi pengunjung wisatawan domestik maupun mancanegara. Bagi tamu-tamu yang ingin makan dengan duduk bersila, disediakan panggung kayu yang terdapat bantal bantal kecil. Suasana terasa asri karena restoran ini dikelilingi oleh areal sawah ditambah angin sepoi-sepoi.

Daging bebek yang digunakan berasal dari bebek lokal di daerah sekitar Ubud. Digoreng hingga coklat kekuning-kuningan dengan kulit yang kelihatan kering dan renyah. Sebelum direbus 3-4 jam, bebek ini diremdam dalam bumbu-bumbu selama 12 jam. Setelah direbus kemudian ditiriskan, lalu digoreng. Metode ini membuat daging bebek terasa gurih hingga bagian dalam.

Hidangan utama restoran ini adalah bebek goreng, yang disajikan berbeda dengan bebek goreng ditempat lain. Separuh ekor bebek goreng disajikan dengan nasi putih lengkap bersama sambal matah dan lawar ditempat yang terpisah. Bebek goreng ini terasa renyah hingga ketulang kecil yang bisa dikunyah. Harga Bebek Bengil Ubud berkisar Rp.94.000 – Rp.141.000. Selain di Ubud restoran ini juga membuka cabang di Nusa Dua Bali, Jakarta dan The Breeze BSD City Tangerang. (RED)

Rekomendasi

Baca Juga


jadwal-sholat