Trivia AQUIEM, Rahasia Air Seduhan Kopi Berkualitas

AQUIEM, Rahasia Air Seduhan Kopi Berkualitas

sisiusaha (07/8)

creative people.. Perkara membuat kopi yang enak ternyata bukan hal mudah, banyak teori serta pakem yang harus diikuti, mulai dari pemilihan jenis kopi sampai kualitas air termasuk faktor penting dalam proses penyeduhan kopi. Air yang baik bisa menentukan hasil akhir kopi yang diseduh akan terasa bagus atau justru sebaliknya.

Baru-baru ini sebuah perusahaan asal Louisiana, USA mengeluarkan produk air (kemasan) bernama Aquiem  yang mereka klaim sebagai “air khusus untuk membuat kopi”. Bahkan mereka telah mengusung motto "Coffee’s Missing Element" sebagai tagline-nya. Sekilas terdengar keberanian mereka mengusung tema ini, tapi apakah produk ini memang sebegitu luar biasanya? Mungkin saja. Karena di luar, produk ini memang sedang heboh-hebohnya dibicarakan.

Aquiem sendiri merupakan H2o murni yang diperkaya dengan mineral-mineral pilihan yang penting untuk membantu ekstraksi segala elemen baik dari kopi pada saat penyeduhan. Air seperti ini katanya dianggap penting, apalagi kalau mau menyeduh kopi-kopi mahal semacam varietal Geisha dan Bourbon.

Air yang baik, sekali lagi, adalah kunci untuk menghasilkan seduhan kopi yang baik pula. Kopi, 98%-nya adalah air sehingga hasil akhir seduhan kopi pun ditentukan oleh kualitas air. Tidak heran jika banyak kedai-kedai kopi third wave menggunakan filter. Aquiem juga mengklaim bahwa mereka telah selangkah lebih "maju" karena "memineralisasikan" kembali air yang sudah dimurnikan dengan nutrisi-nutrisi tertentu yang bisa meningkatkan rasa dalam kopi.

Tapi apa kandungan nutrisi  dalam Aquiem ini sehingga mereka menyatakannya sebagai elemen yang dibutuhkan pada penyeduhan kopi saat ini? Co-founder dari perusahaan ini, Rob Vidacovich, dalam sebuah wawancara pernah membocorkan sedikit tentang kandungan air kemasan ini: "Untuk menyeduh kopi, kita tentu tidak mau memiliki air yang mengandung mineral-mineral seperti zinc, timah, fluoride, chlorine dan kandungan kalsium yang terlalu banyak. Semua mineral ini bisa memengaruhi rasa kopi. Tapi, ada juga yang bisa memberikan efek bagus dan menguntungkan pada kopi yaitu seperti magnesium, potassium dan campuran kalsium yang benar dan tepat".

Aquiem sebenarnya membutuhkan waktu 6 tahun untuk riset dan dikembangkan sebelum produk ini dirasa benar-benar siap dan akhirnya dijual ke pasaran baru-baru ini. Memang Aquiem saat ini –setahu saya– baru dijual di pasar Amerika (dan beberapa negara Eropa) saja. Harganya pun lumayan, 1 pack "hanya" USD 25.68. Tapi sudah ada beberapa perusahaan kopi luar yang menunjukkan ketertarikan mereka akan air yang katanya khusus untuk membuat kopi ini. (RED)

Rekomendasi

Baca Juga