News Wisata Belajar Di Kampung Inggris Pare, Kediri, Jawa Timur

Wisata Belajar Di Kampung Inggris Pare, Kediri, Jawa Timur

sisiusaha (07/8)

creative people.. Ingin berwisata sekaligus belajar Bahasa Inggris tidak harus jauh ke Luar Negeri. Di daerah Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur ini memiliki kampung Inggris. Disini selain berwisata menemukan budaya dan wawasan lokal juga dapat belajar atau memperdalam Bahasa Inggris dengan metode belajar yang khas, ramah dan nuansa alami.

Kampung Inggris berdiri sejak 37 tahun yang lalu, pada awalnya berasal dari upaya seorang pria dari Kutai, Kalimantan Timur yang bernama Kolend Olsen yang mendirikan BEC (Basics English Course) pada tahun 1977 untuk melatih mahasiswa mengembangkan kemampuan bahasa inggris. Berkat ketekunannya dari tahun ke tahun BEC semakin berkembang dan menjadikan  Alumnus-Alumnus yang mahir berbahasa Inggris.

Kolend Olsen berpesan kepada semua murid yang telah lulus dari BEC untuk mendirikan tempat belajar bahasa Inggris yang baru di sekitar kampung seperti Desa Tulungrejo dan Desa Pelem,kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Sejak itu secara perlahan kampung  ini dikenal menjadi pusat belajar para ahli bahasa Inggris hingga dikenal banyak orang dengan julukan Kampung Inggris Pare, hingga saat ini tercatat sekitar 300 tempat belajar bahasa Inggris yang ada di Pare. 

Pemandangan rutin setiap hari di Kampung Inggris Pare didominasi oleh kegiatan belajar dan mengajar. Lebih khusus pada saat musim liburan, kampung ini tidak kalah dengan wahana wisata yang sangat ramai karena banyaknya pelajar, mahasiswa, pekerja maupun masyarakat umum yang mengisi waktu liburan dengan berwisata sambil belajar. Murid yang belajar di Kampung Inggris tidak hanya dari Indonesia melainkan juga dari mancanegara seperti Malaysia, Thailand dan sebagainya.

Hal menarik lainnya di Kampung Inggris ini adalah biaya pendidikan dan hidup yang sangat ramah anggaran apabila dibandingkan dengan tempat pendidikan sejenis di kota-kota besar lainnya. Biaya pendidikan per modul, sebagai contoh grammar 1, atau speaking 2, rata rata antara Rp.100.000-an (2 minggu) dan Rp. 200.000,- an (1 bulan). Biaya konsumsi juga terkenal  lebih murah, hanya dengan membayar Rp. 10.000 sudah dapat menikmati hidangan lezat sekaligus mengenyangkan. Untuk tempat tinggal, rata-rata antara Rp. 100.000 sampai Rp. 400.000 setiap bulan tergantung sarana.

Begitu kentalnya daerah yang banyak kawasannya berisi tempat-tempat kursus Bahasa Inggris, makanya disebut Kampung Inggris. Dari gang ke gang dan di sepanjang jalan utama, berjejer lembaga-lembaga kursus Bahasa Inggris. Seperti wilayah kampus, sampai ada rumah-rumah penduduk juga di sekitarnya. walaupun ramai, suasana di Pare terkesan tenang, hanya dengan suara-suara siswa dan guru yang sedang melafalkan kata-kata dalam Bahasa Inggris.

Untuk mencapai Kampung Inggris pare dapat ditempuh menggunakan berbagai cara antara lain melalui stasiun kereta api Kediri, lalu naik becak/ojek dan turun di YONIF 521, setelah itu melanjutkan dengan naik bus yang menuju Pare, semua bus melewati kampung inggris. Jika tidak mau repot, dari stasiun naik taksi ke kampung inggris. Atau bisa juga menggunakan kendaraan pribadi melalui kota Kediri, jangan khawatir tersesat, karena Kampung Inggris sangat populer,  kalau masih bingung gunakan google maps untuk menemukan lokasi Kampung Inggris Pare. (RED)

Rekomendasi

Baca Juga