News Ini Isu Pembahasan The 12th World Islamic Economic Forum (WIEF) 2016

Ini Isu Pembahasan The 12th World Islamic Economic Forum (WIEF) 2016

sisiusaha (02/8)

creative people.. Perhelatan besar The 12th World Islamic Economic Forum (WIEF) 2016 yang di adakan di Jakarta, 2-4 Agustus 2016 telah resmi di buka oleh Presiden Jokowi pagi tadi. Dalam sambutannya, Jokowi menekankan pentingnya toleransi dan membangun potensi ekonomi kreatif dalam rangka menghadapi situasi perekonomian global dewasa ini.

Awalnya, Jokowi menyinggung mengenai teror besar dan kecil yang terjadi di belahan dunia. Aksi teror itu menandakan situasi politik yang tidak bisa diprediksi. Oleh karena itu, dibutuhkan toleransi masyarakat untuk membuat keadaan lebih kondusif. "Yang lebih penting namun paling sulit, kita harus membangun budaya terbuka, di mana kita bukan hanya menoleransi perbedaan, namun secara tulus menghormati perbedaan," kata Jokowi.

Jokowi juga mengatakan, inovasi teknologi adalah salah satu cara berbagai negara untuk mendorong ekonomi yang tengah melemah sekarang ini. Namun, Jokowi mengingatkan bahwa inovasi yang dilakukan harus mendatangkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat, tidak hanya bagi kelompok tertentu. "Kesejahteran masyarakat tidak akan meningkat otomatis hanya karena ada inovasi," lanjut Jokowi saat membuka World Islamic Economic Forum (WIEF) ke 12 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Selasa (2/8/2016).

"Inovasi akan membuat sebagian orang sangat kaya, tapi hanya pemerintah yang mampu memastikan keuntungan inovasi terbagi rata kepada masyarakat miskin," tambah Jokowi. Untuk memastikan inovasi berdampak bagi seluruh masyarakat, Jokowi menekankan bahwa tidak ada jalan yang pintas. Pemerintah harus berupaya untuk membangun industri yang menciptakan lapangan kerja, hingga membangun sistem pendidikan yang baik. "Kita harus pastikan bahwa inovasi benar-benar berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat," ucap Jokowi. 

Jokowi juga mengajak pimpinan negara peserta World Islamic Economic Forum ke-12 di Jakarta Convention Center, agar menikmati Kota Jakarta. Banyak kesenangan yang ditawarkan di Jakarta. "Jakarta kota metropolis. Selama Anda semua di sini, silakan enjoy, kuliner, golf, spa, dan shopping kelas dunia," ujar Jokowi. "Saya harap kalian tidak keberatan saya promosi Jakarta, karena saya Gubernur Jakarta sampai 2 tahun yang lalu," kata mantan Wali Kota Solo itu. Ajakan Jokowi ini lantas disambut tepuk tangan para hadirin. 

Beberapa isu pokok yang akan dibahas di antaranya penerbitan sukuk untuk pembiayaan infrastruktur, pengintegrasian produk halal dan keuangan syariah. Acara ini juga membicarakan pengembangan industri makanan halal secara global, pengembangan industri fashion lslami dan peningkatan akses pendanaan bagi UMKM. Tak hanya itu, forum ini juga akan membahas percepatan inovasi dengan menghubungkan startups dengan perusahaan besar dan penanaman budaya desain pemikiran (design-thinking) untuk bisnis.

World Islamic Economic Forum ini menyediakan sarana untuk memberdayakan bisnis dalam menghadapi tantangan ekonomi di masa depan. Forum ini sebelumnya sudah digelar di London, Inggris, pada 2013. Kemudian pada 2014 di Dubai, Uni Emirat Arab, lalu Kuala Lumpur, Malaysia, dipercaya menjadi tuan rumah di 2015, hingga sekarang 2016 giliran Indonesia yang mendapatkan kehormatan. (RED)

Rekomendasi

Baca Juga