News NulisBuku.com, Self-Publishing Online Pertama di Indonesia

NulisBuku.com, Self-Publishing Online Pertama di Indonesia

sisiusaha (19/7)

creative people.. Memiliki hobi menulis? Tapi memiliki kesulitan untuk diterbitkan, atau karya tulisnya tidak mau di utak atik oleh editor? Sekarang NulisBuku.com adalah salah satu solusinya. Startup dengan format website ini memperbolehkan penggunanya melakukan self-publishing karya-karya tulisnya secara online.

Aulia Halimatussadiah, Brilliant Yotenega, Angeline Anthony dan Oka Pratama yang menjadi pengagas NulisBuku.com, platform self-publishing online pertama di Indonesia. Empat orang kreatif ini belajar dari pengalaman sendiri yang merasa tak puas ketika tulisannya harus diedit sebelum diterbitkan. Belum lagi gaya penulisan yang akan berbeda setelah diedit. Untuk itulah NulisBuku.com didirikan, karena tak ingin apa yang pernah mereka alami terjadi pada orang lain.

Cara menerbitkan buku di NulisBuku.com terbilang sangat mudah. Hanya dengan unduh template sederhana dengan format Ms Word melalui website tersebut. Template ini digunakan untuk menulis materi yang akan diterbitkan. Kemudian, setelah semua kolom kategori yang dibutuhkan sudah terisi, para penulis dapat mengedit ulang tulisan sesuai keinginannya. Lalu, karya tulis yang sudah selesai akan dimuat di toko buku berkonsep pada halaman situs NulisBuku.com.

NulisBuku.com hadir dengan tujuan untuk membantu para penulis mencetak dan menerbitkan buku mereka sendiri. Aulia Halimatussadiah yang biasa disapa Ollie mengatakan, dia dan teman-temannya menyediakan pelayanan dalam bentuk e-book. Untuk membangun sebuah usaha, tentu ada tantangan. Hal ini diakui pula oleh Ollie. Menurutnya, tantangan terberat yang harus mereka hadapi adalah memperkenalkan konsep penerbitan mandiri kepada masyarakat. Tak hanya itu, mereka juga harus membuat masyarakat terbiasa dan mengenal konsep ini. Setelah itu, barulah mereka bisa mengajak masyarakat untuk mengunakannya.

Tetapi, untuk melakukan semua itu tentu tidaklah mudah. Ollie dan kawan-kawan pun harus membuat komunitas sendiri, yang mereka beri nama Nulis Buku Club (NBC). Sampai saat ini, NBC sudah ada di berbagai kota di Indonesia. NBC sendiri mempunyai kegiatan rutin, yakni membuat proyek menulis di Twitter, serta mengadakan pertemuan bulanan agar dapat berbagi tips dan trik dalam menulis. Hal ini dilakukan juga unntuk memperat hubungan antar penulis.

Selain membangun NBC, demi mengasah kemampuannya, Ollie juga mengikuti banyak acara agar bisa berkenalan dengan banyak orang, sekalian untuk mempromosikan startup-nya. Selain itu, dia juga banyak bertanya kepada teman-temannya agar bisa bertemu dengan orang-orang yang biasa diajak bekerja sama. Tak lupa, Ollie juga mengungkapkan bahwa sosial media Twitter dan LinkedIn sangat berperan penting untuk membantunya dalam membangun komunikasi dengan semua pihak yang selama ini ikut terlibat.

Sejak pertama kali didirikan di Jakarta pada tahun 2010 lalu, saat ini NulisBuku.com telah memiliki banyak user. Sekarang setidaknya sudah lebih dari 700 buku dari penulis di berbagai daerah di seluruh Indonesia yang telah diterbitkan oleh NulisBuku.com. Menurut Ollie, apa yang telah mereka capai ini tak lepas dari berbagai cara yang telah dilakukan. Ollie dan timnya memulai proyek menulis yang sifatnya kolaboratif dengan menggunakan hastag  di media sosial, seperti proyek menulis #DearMama untuk menuliskan cerita tentang ibu, serta kemudian membuat dan meluncurkan bukunya. Lalu, mereka akan memberikan reward bagi karya terbaik, seperti smartphone.

Kecintaan Ollie di dunia menulis selama ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, sebelum mendirikan startup NulisBuku.com, dia bersama Angeline Anthony telah sempat membangun sebuah toko buku online dengan nama kutukutubuku.com pada tahun 2006 lalu. Sejauh ini, bisnis mereka itu telah menjadi salah satu toko buku online terbesar di Indonesia, yang mempunyai sekitar 50.000 pengguna.

creative people.. Ingin mencoba untuk mempublikasikan karya tulisan Anda? Segera kunjungi dan daftarkan diri Anda disini. (RED)

Rekomendasi

Baca Juga