News Desa Pemuteran, Buleleng Bali Masuk Daftar Wisata Lonely Planet 2016

Desa Pemuteran, Buleleng Bali Masuk Daftar Wisata Lonely Planet 2016

sisiusaha (14/7)

creative people.. Keindahan alam bali tidak pernah habis dibicarakan keindahannya, tidak hanya dari penikmat keindahan alam wisatawan lokal, tapi juga sudah mendunia. Salah satunya adalah pantai indah di daerah Pemuteran, Buleleng, Bali.

Pemuteran, desa yang berada di Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Bali, pada tahun ini masuk dalam daftar rekomendasi tujuan wisata di Asia pada 2016 versi Lonely Planet. Dalam situs Lonely Planet dijelaskan bahwa desa di sudut barat laut Pulau Dewata tersebut menyuguhkan keindahan bawah laut dilengkapi pantai berbentuk teluk ganda, serta hamparan sawah hijau yang mengelilingi Pemuteran.

“Penyelam yang turun akan mendapatkan pemandanan dinding karang terbaik di Indonesia. Keindahan bawah laut ini adalah alasan utama untuk tinggal di Pemuteran, ditambah lagi dengan hadirnya teluk ganda pantai dekat menjangan (merupakan salah satu bagian dari Taman Nasional Bali),” tulis Lonely Planet dalam situsnya yang dikutip, Kamis (14/7).

Pemuteran Bay Buleleng Bali merupakan gambaran wisata bahari keindahan taman laut di Bali Barat. Pantai Pemuteran merupakan kawasan dengan konservasi laut terumbu karang artifisal “Biorock” yang terbesar di dunia dan diterapkan Yayasan Karang Lestari. Masyarakat bergerak aktif mengelola usaha pelestarian terumbu karang di laut utara Bali tersebut. Bahkan, Yayasan Karang Lestari (Bali) yang menjadi pencetus kegiatan "Coral Reef Reborn Pemuteran, Bali" baru saja meraih peringkat kedua untuk kategori "Innovation in Non Govermental Organizations" di United Nation World Tourism Organization (UNWTO/Organisasi Pariwisata Dunia PBB).

Wisata bahari Pemuteran atau sekitar 55 km arah barat kota Singaraja merupakan daerah wisata berupa gugusan perbukitan serta hamparan laut utara Bali sehingga membuat daerah ini indah, tenang, jauh dan dari keramaian. "Uniknya lagi, Pemuteran menyajikan pemandangan pura (candi) yang berada di tengah laut sehingga menjadikan tempat ini unik," kata situs tersebut.

Selain Pemuteran, ada sembilan tujuan wisata lain yang tersebar di Asia yaitu Hokkaido di Jepang yang menawarkan pemandangan salju sekaligus akan menjadi tuan rumah Asian Games musim salju tahun depan. Shanghai, Tiongkok yang merupakan kota sebagai pusat jagat raya karena seluruh hiburan hadir di kota tersebut.

Jeonju di Korea Selatan yang merupakan desa tradisional terbaik di Korea. Selanjutnya, taman nasional Vietnam Con Dao Islands dan Hong Kong, Tiongkok karena memiliki geopark yang menarik. Selanjutnya, Ipoh, ibu kota negeri Perak Malaysia yang memiliki berbagai wisata alam serta wisata sejarah. Lalu Trang Islands di Thailand yang menawarkan keindahan alam laut. Masih ada Meghalaya di India dan Taitung di Taiwan yang keduanya layak dikunjungi karena budayanya yang menarik. (RED)

Rekomendasi

Baca Juga


jadwal-sholat