Opini Cara Sukses Ciptakan Usaha Kreatif

Cara Sukses Ciptakan Usaha Kreatif

sisiusaha (13/7)

creative people.. Lebaran telah usai, aktifitas normal kembali menjadi rutinitas sehari-hari. Upaya pengumpulan pundi-pundi telah dimulai kembali setelah tersedot oleh pengeluaran kegiatan mudik dan berlebaran. Bagi para pewirausaha kecil maupun pelaku startup tentunya memiliki sebuah tantangan tersendiri dalam membangun maupun pengembangan usaha kreatif baru.

Khusus bagi Anda yang telah memiliki rasa bosan dengan pekerjaan sekarang dan ingin mendapatkan pekerjaan baru, maka berwirausaha adalah jawabannya. Berwirausaha akan membuka peluang baru bagi diri sendiri maupun orang lain. Ini artinya, menjadi seorang wirausahawan tak hanya akan merubah status Anda menjadi pengusaha melainkan juga akan membantu merubah perekonomian orang lain.

Proses untuk memulai maupun menciptakan peluang usaha memang bukan hal yang mudah, diperlukan gagasan atau ide usaha yang cemerlang agar nantinya usaha yang dijalankan bisa berjalan dengan lancar dan mampu menuai kesuksesan.

Hambatan dalam proses adalah sesuatu yang sangat wajar, tetapi bukan berarti hal tersebut bisa dijadikan alasan untuk menyerah, karena jika belajar dari wirausahawan yang sudah sukses, maka akan menemukan jawabannya. Berikut tips mudah untuk menciptakan peluang usaha.

Melihat problem yang ada di lingkungan sekitar

Mencari ide untuk menciptakan peluang usaha bisa dimulai dari lingkungan sekitar dengan memperhatikan problem yang ada. Misalnya jika masalah yang ada adalah sulitnya mendapatkan makanan instan yang sehat, maka bisa mencoba membuka usaha makanan. Dari problem tersebut, berusahalah untuk mencari solusinya, maka dengan begitu akan mendapatkan ide usaha apa yang tepat untuk dijalankan.

Jeli dalam memanfaatkan peluang

Menciptakan peluang usaha baru diperlukan kejelian, artinya bukan hanya harus mampu menganalisa problem yang ada namun juga dituntut untuk jeli dalam memanfaatkannya. Kemampuan menganalisa inilah yang nantinya akan membantu dalam menentukan jenis atau bidang usaha apa yang pas untuk diciptakan berdasar dari kebutuhan pasar. Tidak harus memulai usaha dengan skala besar, usaha rumahan sekalipun juga cukup menjanjikan.

Memilah peluang usaha berdasarkan potensinya

Ketika mencari ide tentunya akan terpikir berbagai macam usaha, berikutnya memilah mana jenis usaha yang memiliki potensi besar agar bisa berjalan lancaar dan sukses. Poin penting yang harus dipertimbangkan ketika menentukan jenis usaha, adalah jumlah permintaan pasar dari usaha yang akan ciptakan tersebut. Semakin besar maka semakin baik, namun tentunya persaingan juga akan semakin besar.

Memberikan nilai tambah

Added Value atau nilai tambah merupakan salah satu hal yang wajib menjadi pertimbangan ketika hendak membuka usaha baru, karena pastinya untuk bisa bersaing maka produk tersebut harus memiliki nilai lebih dibanding produk kompetitor. Nilai tambah tidak harus dari segi harga yang lebih murah, jauh lebih penting jika memberikan nilai tambah dari segi kualitas barang dan pelayanan, jadi tidak harus selalu bersaing di harga.

Ciptakan sesuatu yang unik dan berbeda

Mencoba untuk menciptakan sesuatu yang unik dan berbeda dalam usaha dari usaha sejenis lainnya, maka diperlukan orang-orang kreatif. Pada proses ini perlu membutuhkan tim atau rekan kerja untuk membantu dalam mencari ide usaha yang unik dan tentunya tetap memiliki target pasar. Jika mampu menciptakan usaha yang unik dan usaha tersebut bisa diterima masyarakat, maka masyarakat akan menganggap usaha tersebut sebagai pionir bukan pengekor.

Mulai dari yang kecil untuk menggapai yang lebih besar

Jangan pernah merasa takut untuk bersaing dalam berbisnis, mulailah dengan skala kecil terlebih dahulu, setelah berhasil dengan kesuksesan kecil, maka akan timbul semangat baru untuk bersaing di tingkat yang lebih berat. Jadi konsepnya seperti menjadikan usaha yang kecil sebagai batu loncatan untuk menggapai usaha yang lebih besar, baik dalam hal pendanaan maupun persaingan pasar.

Selalu berinovasi dan promosi

Tantangan terbesar dalam membuka usaha sebenarnya bukan membuatnya berada di puncak kesuksesan melainkan bagaimana cara dalam mempertahankan usaha agar selalu berada di puncak. Inovasi adalah kuncinya. Persaingan yang terus meningkat akan memaksa untuk berpikir kritis, jika lengah maka pesaing tak akan segan untuk menggantikan posisi sebagai juara.

Tak kenal maka tak sayang, begitulah filosofi promosi. Menemukan cara yang efektif, kreatif dan menarik merupakan dasar promosi yang baik dan sukses. Jangan selalu melakukan hard selling, namun gunakan metode soft selling yang lebih elegan agar pasar dan masyarakat lebih dekat dan memiliki ikatan emosional dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Perlakukan pasar dan masyarakat seperti wanita, taklukkan hatinya maka akan didapat semuanya. (MAB)

Rekomendasi

Baca Juga