Opini Saatnya Bangkit, Jangan Hanya Fait Accompli Wong Cilik

Saatnya Bangkit, Jangan Hanya Fait Accompli Wong Cilik

sisiusaha (22/6)

creative people.. Kabar mengabar seputar politik, ekonomi makro dan life style hedonisme adalah hanya menjadi penghibur yang rutin disajikan media kebanyakan.

Pembaca, pendengar dan penonton sibuk berkomentar serta menyikapi melalui awang-awang media sosial, lalu masih juga berharap sebuah perubahan, itulah yang sedang kita alami saat ini.

Allah SWT berfirman dalam surat Ar-Ra'd ayat 11: "Lahu mu'aqqibaatun min baini yadaihi wamin khalfihi yahfazhuunahu min amrillahi innallaha laa yughai-yiru maa biqaumin hatta yughai-yiruu maa bianfusihim wa-idzaa araadallahu biqaumin suu-an falaa maradda lahu wamaa lahum min duunihi min waalin" yang artinya (Bagi manusia ada malaikat-malaikat, yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum, sehingga mereka mengubah keadaan, yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.)

Jelas, bagi umat muslim dan beriman wajib meyakini firman Allah SWT tersebut, secara logika sederhana dengan segala keterbatasannya pula manusia harusnya dapat berpikir bagaimana bisa merubah keadaan apabila kita hanya sibuk berkomentar dan tidak melakukan sesuatu?

Pasrah itu kepada takdir dan kehendak Allah SWT, bukan terhadap kedzoliman dan ketidakadilan sesama manusia, sehingga sepantasnya dan saatnya bangkit, berusaha sekuat tenaga dan pikiran untuk merubah kondisi menjadi lebih baik. 

Kebutuhan dasar manusia adalah kesejahteraan dalam kehidupan, maka lakukan sesuatu untuk memenuhi unsur sejahtera tersebut dengan kemampuan yang dimiliki, banyak cara dan jalan positif yang masih bisa dilakukan secara paralel antara perbaikan kualitas sejahtera diri dan sekaligus kritisi perbuatan dzolim dan ketidakadilan yang terjadi.

Berusaha dengan sesuatu yang dimiliki itu lebih bernilai dan terhormat serta yakinlah bahwa Allah SWT yang melimpahkan rejeki dan atas kehendakNYA semua dapat terjadi, sehingga apabila kondisi untuk kesejahteraan hidup sendiri yang paling dasar dapat terpenuhi, maka seterusnya memiliki kekuatan dan energi yang lebih untuk melakukan dan merubah kondisi dalam radius kehidupan yang semakin luas.

Masih juga bingung apa yang harus dilakukan? sisiusaha network sebuah gerakan untuk pengembangan ekonomi kecil dan kerakyatan melalui perberdayaan ekonomi kreatif akan selalu membantu bagi masyarakat kecil yang memiliki kesungguhan untuk berusaha dan memperbaiki kualitas hidup agar lebih sejahtera dan menjadi insan yang mandiri dan kuat.

Sampaikan permasalahan yang dihadapi melalui email sisiusaha@gmail.com atau sms/wa ke 08179432523 untuk mendapat solusi konkrit, Insyaa allah kami segenap team sisiusaha network akan membantu secara suka rela, wujudkan impian jangan hanya fait accompli wong cilik. (RED)

Rekomendasi

Baca Juga