News Galunggung 10 Kilometer

Galunggung 10 Kilometer

sisiusaha (22/5)

creative people.. Daya tarik gunung Galunggung di Kabupaten Tasikmalaya tidak sebatas hanya memiliki pesona alam, namun juga budaya masyarakat lokal. Dalam rangka meningkatkan promosi serta memperkenalkan daya tarik Gunung Galunggung kepada masyarakat wisatawan lokal maupun mancanegara, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya bakal menggelar lomba lari Galunggung 10 Kilometer pada 20 dan 21 Agustus 2016 mendatang.

Perhelatan Galunggung 10 kilometer akan menjadi magnet wisata tersendiri para wisatawan. Selain berolahraga, para peserta juga akan disuguhkan pemandangan indah kawasan wisata Galunggung, ungkap M. Cholid Ketua Panitia Pelaksana di Kawasan Wisata Galunggung, Desa Linggajati, Kecamatan Sukaratu.

“Pemandangan di Galunggung tidak kalah dengan Bali. Dari start lari, peserta langsung disuguhi dengan keindahan alam Tasikmalaya mulai dari area persawahan dan juga indahnya pesona Gunung Galunggung,” lanjut Cholid.

Menurut Cholid, Galunggung dipilih karena sejauh ini potensi kawasan wisata itu belum tergali secara optimal. Itu sebabnya, belum banyak pihak swasta yang mau berinvestasi di tempat wisata tersebut. Selain menarik wisatawan, kegiatan Galunggung 10 K ini menjadi ajang promosi keunggulan wisata dan kreatifitas masyarakat Kabupaten Tasikmalaya.

“Dengan diresmikannya Masyarakat Ekonomi Asean, kita dituntut bersaing. Oleh karena itu, kita harus kreatif dalam membuat sebuah kegiatan. Galunggung 10 K akan jadi momen sejarah dalam mengembangkan dunia wisata yang juga berimbas pada perekonomian rakyat,” ucap Kholid.

Lomba lari Galunggung 10 km ini akan menggunakan peraturan dan standar dari International Association of Athletics Federations. Pendaftaran peserta dibuka mulai 10 Mei hingga 18 Agustus 2016 dengan target peserta maksimal 3000 orang.

Jika sampai 18 Agustus jumlah peserta sudah melebihi target, maka pendaftaran akan ditutup. Calon peserta dikenakan biaya Rp 200.000 bagi peserta umum, dan Rp 100.000 untuk pelajar dan mahasiswa, dengan kategori pemenang laki-laki dan perempuan,” ucap Cholid.

Bersamaan dengan pelaksanaan Galunggung 10 K, juga akan digelar Tasik Agri Festival, Tasik Industri Kreatif Festival, Tasik Kuliner Festival, dan Festival Dongdang atau Jampana yang melibatkan kelompok petani, UKM, dan usaha rumah tangga perseorangan di Kabupaten Tasikmalaya. (RED)

Rekomendasi

Baca Juga


jadwal-sholat