News Berbagai Profesi di Industri Kuliner

Berbagai Profesi di Industri Kuliner

sisiusaha (9/4)

creative people.. Profesi di dunia industri kuliner ternyata tidak hanya menjadi dominasi chef atau juru masak, namun masih ada beberapa profesi prestigious lainnya yang memerlukan keilmuan dan spesialisai khusus.

Menurut wikipedia Ilmu makanan adalah ilmu terapan yang ditujukan untuk mempelajari makanan . The Institute of Food Technologists mendefinisikan ilmu pangan sebagai "disiplin di mana rekayasa, biologi, dan ilmu-ilmu fisik digunakan untuk mempelajari sifat makanan, penyebab kerusakan, prinsip-prinsip yang mendasari pengolahan makanan , dan peningkatan makanan untuk mengkonsumsi publik ". Buku food science mendefinisikan ilmu pangan dalam hal sederhana sebagai" aplikasi dari ilmu-ilmu dasar dan rekayasa untuk mempelajari fisika, kimia, dan sifat biokimia dari makanan dan prinsip-prinsip pengolahan makanan. 

Berikut adalah profesi di industri kuliner:

1. Food stylist Seorang food stylist mengatur makanan sedemikian rupa di piring agar membangkitkan “gairah” orang yang melihatnya hingga ingin menyantapnya. Contohnya, mereka bisa menciptakan “asap” menggunakan bahan-bahan kimia, bermain dengan teknik memasak untuk memaksimalkan warna, dan lain sebagainya.

2. Chef pribadi Seorang chef pribadi bekerja khusus untuk satu orang klien, dan menyiapkan beragam hidangan untuk sehari-hari berdasarkan prefensi dan kebutuhan diet mereka. Banyak chef pribadi yang menyiapkan hidangan untuk seminggu ke depan, agar bisa disimpan dan dimasak kembali oleh klien mereka kapan pun diinginkan.

3. Ahli gizi Para ahli gizi menggabungkan bakat kuliner mereka dengan latar belakang dalam sains. Mereka mempelajari bagaimana tubuh manusia bereaksi terhadap nutrisi tertentu dalam makanan, dan seringkali memberikan konsultasi diet atau persiapan makanan untuk mereka yang punya kebutuhan diet khusus.

4. Food scientist Para food scientist biasanya mempelajari pengolahan bahan pangan, pengemasan, pengawetan, bahkan cara makanan dan “aromanya” berinteraksi. Mereka mendalami segala hal, dimulai dari keamanan bahan pangan hingga gastronomi molekuler. Food scientists biasanya bekerja untuk produsen makanan atau fasilitas penelitian.

creative people.. Berminat untuk berkarier dibidang dan keahlihan kuliner mana? (MAB)

Rekomendasi

Baca Juga