News Ini 7 Fitur Baru Anti Nyasar dan Telat Dari Google Maps

Ini 7 Fitur Baru Anti Nyasar dan Telat Dari Google Maps

sisiusaha (9/4)

creative people.. Aplikasi peta via smartphone besutan Google semakin canggih saja, sejumlah fitur baru kini telah hadir di Google Maps yang memberikan warna baru untuk para pengguna smartphone. Google saat ini memang tengah meningkatkan kecerdasan layanan peta digital miliknya. Dengan memberikan update secara rutin dan menambahkan banyak fitur baru.

1. Google Maps v9.22: Mengubah Nama Tempat dan Tandai dengan Stiker

Kini kamu dapat mengubah label atau nama tempat-tempat favorit dan dapat memberikan tanda berbagai macam stiker. Jadi kamu punya banyak pilihan untuk menandai setiap tempat, sesuai dengan keinginan. Caranya pilih lokasi yang kamu tuju, misalnya kantor. Pilih tombol pilihan (tiga titik) yang terletak di bagian atas sebelah kanan, lalu beri label nama tempat tersebut. Baru setelah itu bisa mengganti ikon dengan stiker pilihan kamu.

Dengan menandai tempat-tempat favorit yang sering dikunjungi secara rutin, seperti kantor atau tempat nongkrong. Memudahkan kamu untuk mencari sebuah tempat dengan hanya menggunakan stiker.

2. Melihat Tarif Taksi

Selain menampilkan informasi tentang transportasi untuk menuju tempat tujuan, kepadatan lalu lintas, dan rute terbaik untuk mencapai tujuan. Sekarang Google juga menambahkan informasi tarif taksi Uber untuk mencapai tujuan tertentu. Keuntungan fitur ini adalah kamu jadi tahu berapa biaya yang harus disiapkan jika memilih Uber sebagai transportasinya.

3. Google Maps v9.20: Tambah Foto ke Ulasan

Jika kamu ingin menambahkan ulasan tempat-tempat seperti restoran atau objek wisata melalui Google Maps. Kini kamu dapat menyertakan foto untuk menggambarkan lokasi tersebut. Google bahkan akan memasangkan foto yang kamu ambil di lokasi untuk ulasan secara otomatis.

4. Navigasi Audio Ditingkatkan

Pilihan pengaturan panduan suara juga turut ditingkatkan Google. Kini kamu tetap dapat mendengar panduan suara meskipun sedang melakukan telepon dan memutar melalui headset Bluetooth.

5. Penambahan Timeline

Timeline adalah sebuah fitur penyempurnaan dari fitur Location History. Fitur ini memungkinkan kamu untuk melihat lokasi-lokasi mana saja yang kamu kunjungi. Ketika kamu sedang melakukan perjalanan yang dipandu dengan Google Maps, saat kamu berhenti untuk beristirahat. Kini kamu bisa menjadikan tempat istirahat sejenak kamu itu masuk ke dalam timeline.

6. Google Maps 9.19: Driving Mode

Google menambahkan sebuah fitur bernama Driving Mode ke dalam Google Maps. Fitur ini akan menelusuri lokasi-lokasi yang pernah kamu dikunjungi dan terekam di dalam akun Google. Data dari penelusuran tersebut akan digunakan untuk memprediksi lokasi yang akan dituju oleh penggunanya. Jadi Google Maps bisa memberikan saran untuk tempat yang terbaik bagi kamu dalam menikmati akhir pekan.

7. Mode Offline

Sekalipun mayoritas layanannya bakal bisa dinikmati dengan optimal secara online, namun masih ada begitu banyak kawasan yang tak bisa dijangkau oleh sinyal internet. Google pun membuat agar Google Maps dapat dinikmati secara offline. Kemampuan untuk menyimpan peta dengan dukungan pemakaian indeks secara offline agar bisa dipakai untuk keperluan navigasi dan pencarian memang telah diumumkan sejak ajang konferensi developer I/O tahun lalu.

Pada dasarnya kamu diharuskan untuk men-download data peta pada area tertentu, misalnya kota jakarta. Peta offline ini juga hanya punya fungsi utama saja, seperti melakukan pencarian sebuah tempat namun tak bisa menampilkan foto dari lokasi atau review pengguna. Demikian juga kemampuan navigasi, dimana informasi tentang tingkat kepadatan rata-rata lalu lintas tidak secara real-time.

creative people.. Selamat mencoba 7 fitur dan tips trik Google Maps terbaru. Google berharap semua fitur-fitur barunya ini dapat membuat para pengguna smartphone semakin rajin untuk mengandalkan Google Maps sebagai panduan mereka di setiap perjalanan. Suber: jalan tikus (MAB)

Rekomendasi

Baca Juga