News Crowdfunding Syariah Dunia Bikin Aliansi

Crowdfunding Syariah Dunia Bikin Aliansi

sisiusaha (6/4)

creative people... Pembiayaan modal lewat crowdfunding saat ini menjadi populer, hal ini dikarenakan lebih mudah dan flexible dari pada pembiayaan model industri keuangan atau perbankan umumnya. Calon pebisnis yang kesulitan mendapatkan modal dari perbankan khususnya bank syariah kini bisa bernapas lega. Sejumlah perusahaan penyedia jasa crowdfunding Islami menyatakan akan membentuk aliansi baru.

Perusahaan crowdfunding ini akan dibentuk pada 1 April 2016 dengan nama Islamic Crowdfunding Alliance atau ICF Crowdfunding. Mengutip laman crowdfundinsider.com, Selasa, 29 Maret 2016, ICF akan didirikan oleh para pendiri perusahaan crowdfunding seperti eThis Crowd (Singapura), M Raafi Hossain pendiri Narwi (Qatar), Erly Witoyo pendiri Kapital Boost (Singapura).

Dari Indonesia, diwakili Matthew Martin pendiri Blossom Finance (Indonesia), serta Rachid Ouaich, mitra dari EasiUp (Perancis). Aliansi crowdfunding Islami ini akan diperkenalkan di Malaysia dengan total platform sebanyak 9 perusahaan jasa crowdfunding.

Pembentukan ICF Alliance dipelopori Ethis Crowd yang telah menciptakan jaringan pribadi dari 2.400 investor yang terlibat dalam pembiayaan real estate. Awalnya, Ethis membentuk jasa crowdfunding untuk membangun perumahan ramah lingkungan dan wakaf untuk disalurkan pada proyek real estate.

Sejumlah pihak menyebutkan model pembiayaan melalui crowfunding islami bisa memangkas rantai birokrasi yang ada. Bahkan prosesnya dianggap lebih syariah dibandingkan bank syariah.

Sebagai informasi, model pembiayaan melalui crowdfunding dimulai dengan pemilik ide yang harus membuat proposal singkat mengenai proyek mereka, bisa berupa video, kata pengantar, hadiah atau keuntungan bagi pemberi donasi. Setiap proyek diberikan deadline untuk mengumpulkan dana, jika target dana tercapai, maka penyedia jasa crowdfunding akan mencairkan dana kepada pemilik ide.

Beberapa penyedia jasa layanan crowdfunding yang terkenal untuk level global adalah Kickstarter, IndieGoGo, dan RocketHub. Di Indonesia, layanan crowdfunding disediakan diantaranya oleh wujudkan.com.

creative people.. sudah memiliki ide kreatif namun belum memiliki modal? bisa dicoba alternatif pembiyaan ini. (MAB)

Rekomendasi

Baca Juga