News Peluang Usaha Ternak Sapi Milik Pemerintah

Peluang Usaha Ternak Sapi Milik Pemerintah

sisiusaha (25/9)

Bisnis pengembangbiakkan sapi indukan butuh waktu tiga tahun, selain mengeluarkan biaya pemeliharaan yang tidak sedikit, modal yang dikeluarkan juga tidak bisa kembali dalam waktu dekat. Untuk itu pemerintah menawarkan skema kerjasama dengan memberikan insentif berupa sapi indukan kepada peternak yang berminat.

“Bisnis sapi indukan lama (pengembalian modalnya), 3 tahun kemudian baru bisa menghasilkan sapi yang bisa dipotong.” Ujar Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, saat ditemui di Kantornya, Jakarta, seperti dilansir oleh detik.com

Pemerintah berencana mengimpor sapi indukan dalam jumlah besar dengan menggunakan APBN. Pemerintah juga menggandeng feedloter (peternak penggemukkan sapi) swasta untuk pemeliharaan sapi indukan tersebut.

Feedloter swasta menanggung sendiri biaya pemeliharaan serta resiko kematian (sapi indukan), untuk itu pemerintah juga memberikan insentif kepada feedloter swasta. Namun, feedloter swasta hanya boleh memiliki bibit sapi jantan yang dihasilkan sapi indukan. Jika sapi indukan menghasilkan bibit sapi betina, maka akan diberikan pada peternak plasma (peternak rakyat). (AGS)

Rekomendasi

Baca Juga