News Industri Desain

Industri Desain

Sisiusaha (5/6)

Bandung merupakan kota yang mempunyai potensi besar di sektor industri kreatif, hal ini dapat dilihat dari pesatnya perkembangan Kota Bandung pada sektor tersebut. Industri desain yang termasuk dalam bagian industri kreatif, merupakan sektor yang paling berkembang di Bandung.

Selain dari kualitas produk yang ditawarkan, kreativitas masyarakat Bandung dalam menciptakan desain-desain mutakhir juga menjadi daya tarik bagi para pecinta fashion. Maka tidak heran jika jargon Paris van Java untuk Bandung sangat dikenal oleh para pecinta fashion di Indonesia.

Banyak sektor-sektor industri kreatif lain yang juga membutuhkan desain sebagai acuan pembuatanya, seperti kerajinan tangan, perhiasan, barang mewah, perlengkapan rumah tangga, dan lain sebagainya. Tingginya kreatifitas dan nilai seni yang dimiliki masyarakat Bandung memang tidak dapat diragukan lagi, selain iklim nyaman yang dipengaruhi oleh letak geografis bandung, juga didukung oleh banyaknya tempat pendidikan formal di berbagai tingkatan, menjadikan kreativitas di bidang desain grafis berkembang biak secara luas.

Tingginya tingkat kreatifitas masyarakat Bandung dalam desain grafis juga menarik minat kota Solo untuk bekerjasama dalam pengembangan Kota berbasis desain. Nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) telah ditandatangani oleh kedua belah pihak. Seperti dilansir solopos.com.

Tidak hanya masyarakat Bandung, Walikota Bandung Ridwan Kamil yang akrab dipanggil kang Emil ini juga menjadikan keahlian desainnya sebagai modal utama dalam mempercantik tata Kota Bandung. Hal ini dapat dilihat dari hasil renovasi berbagai tempat umum seperti alun-alun, halte bus, jalan khusus sepeda dan juga pembuatan taman-taman yang dibumbui oleh ide-ide kreatif miliknya. Kesinergian antara masyarakat Kota Bandung dengan Walikotanya (Ridwan Kamil), merupakan salah satu faktor positif yang akan menunjang perkembangan Kota Bandung terhadap Industri Kreatif dalam hal ini pada sektor desainnya. (AS)

Rekomendasi

Baca Juga