News Memahami Logika Sederhana Panama Papers

Memahami Logika Sederhana Panama Papers

sisiusaha (6/4)

creative people.. Mungkin masih sedikit bingung ketika mendengar Panama Papers? padahal kata-kata ini menghiasi judul utama setiap media saat ini. Berikut adalah penjelasan logika sederhana dalam memahaminya. 

Agar tidak bingung mengenai apa sebenarnya "Panama Papers", jurnalis Vox, German Lopez, dan redditor, DanGliesack, memberikan gambaran sederhana mengenai "Panama Papers" berupa ilustrasi anak dan celengan.

Sederhananya begini, si anak menyimpan celengannya di tempat rahasia. Namun, ibu si anak terus-menerus mengecek berapa banyak uang yang ditabung dalam celengan, atau uang yang diambil. Si anak kurang suka dengan aksi si ibu.

Lalu, si anak membeli celengan baru, dan menempatkannya di rumah Johnny, temannya. Kebetulan, ibu Johnny sibuk. Dia tidak mengecek celengan Johnny. Jadi, si anak bisa menyimpan celengannya tanpa seorang pun mengeceknya.

Anak tetangga lain berpikir, ide si anak sangat bagus, lalu mereka juga menyimpan celengan ke lemari Johnny. Sayangnya, suatu hari, ibu Johnny menemukan banyak celengan di lemari anaknya. Dia marah, lalu menelepon semua orangtua teman anaknya, lalu mengadukan bahwa anak-anak mereka menyembunyikan uang di lemari anaknya. 

Nah, itulah yang terjadi dengan kebocoran dokumen. Jadi, banyak pihak penting yang menyembunyikan "celengan"-nya di rumah Johnny, yakni di Panama. Artinya, tidak semua yang menyembunyikan uangnya di rumah Johnny melakukan hal buruk. Bisa saja, mereka hanya ingin privasi. Namun, bisa saja pula, tetangga si anak, Michael namanya, menyimpan uang di rumah Johnny sebab dia mencuri uang dari dompet ibunya. Sementara itu, anak lain, Jacob, mencuri uang makan orang lain dan tidak ingin ketahuan orangtuanya agar mereka tidak bertanya darimana uang yang didapat Jacob. 

Segera, kita semua akan mengetahui apa alasan para pesohor ini menyimpan "celengan"-nya di Mossack Fonseca di Panama, baik yang berniat buruk maupun tidak. Namun, semua yang menyimpan celengan di Mossack Fonseca di Panama tersebut masih dalam masalah sebab tidak boleh menyimpannya di lemari "rahasia" di rumah orang lain.

Oleh sebab itu, saat ini, jurnalis sedang menginvestigasi lebih lanjut apa jenis aktivitas di rumah Johnny tersebut, apakah legal, perlu, atau memang melanggar hukum. (MAB)

Rekomendasi

Baca Juga