News 5 Situs Crowdfunding Terkenal di Indonesia

5 Situs Crowdfunding Terkenal di Indonesia

sisiusaha (28/3)

Kreatifitas positif selalu terus memberikan manfaat serta menunjukkan perubahannya menuju suatu kebaikan bagi kebaikan umat manusia. Teknologi menjadi sebuah sarana bagi kreatifitas dalam perubahannya.

Saling tolong menolong antar sesama menjadi sebuah trend yang keren bagi sebagian manusia yang berkualitas, tidak memandang ras serta latar belakang, hanya melihat bahwa sebagai manusia kita semua sama.

Dalam beberapa tahun belakangan bermunculan konsep kreatif dalam memaksimalkan urusan bantu membantu terhadap hal yang mencerahkan di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup sampai peningkatan sektor ekonomi.

Konsep sharing economy dan crowdfunding semakin hari semakin populer, dan di Indonesia setidaknya ada 5 situs crowdfunding yang cukup terkenal yaitu:

KitaBisa.com

Ini adalah salah satu website crowdfunding pertama yang ada di Indonesia. Didirikan pada tahun 2013, KitaBisa mengijinkan Anda untuk memasukkan proyek di bidang teknologi, kreatifitas dan bisnis UKM. KitaBisa juga akan mengirimkan laporan menyeluruh mulai dari financial sampai perkembangan proyek yang telah didanai.

Wujudkan.com

Ini adalah salah satu crowdfunding yang tertua bersama KitaBisa.com. Wujudkan adalah perusahaan crowdfunding yang dibuat oleh perusahaan telekomunikasi XL. Pembayaran dari Wujudkan.com ada bermacam-macam, seperti ATM Transfer, Credit Card sampai mobile payment.

AyoPeduli.com

Ini adalah crowdfunding khusus sosial. Jadi Anda bisa menemukan proyek seperti bidang pendidikan, kesehatan sampai masalah lingkungan. Untuk sektor pendidikan, biasanya Anda akan melihat banyak proyek beasiswa.

Crowdtivate.com

Ini adalah website crowdfunding dari Singapura dan telah masuk pasar Indonesia pada tahun lalu Crowdtivate adalah lebih tertarik ke proyek teknologi. Beberapa proyek yang masuk adalah teknologi, komik, games sampai film.

GandengTangan.org

Ini mungkin yang agak berbeda, jadi GandengTangan adalah crowdlending, jadi sistemnya adalah meminjam. Ketika Anda menyumbangkan 100 ribu misalnya ke salah satu proyek di GandengTangan, uang Anda akan kembali ketika proyek telah mendapatkan keuntungan. Baru diluncurkan awal tahun ini, masih banyak masalah yang perlu dibenahi dan masih belum tahu apakah crowdlending adalah sistem yang baik dibandingkan dengan crowdfunding.

Dengan 5 situs crowdfunding dan crowdlending terbaik di Indonesia tersebut. Diharapkan menjadi penyemangat agar masyarakat Indonesia lebih dapat kreatif dalam berbisnis. Bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk mencoba? (MAB)

Rekomendasi

Baca Juga