News Ini Alasan Facebook Dan Whatsapp Hengkang dari Blackberry

Ini Alasan Facebook Dan Whatsapp Hengkang dari Blackberry

sisiusaha (23/3)

Mengikuti langkah Whatsapp, media sosial terpopuler Facebook kini menghentikan dukungan aplikasinya diplatform BlackBerry 10. Apa alasannya? Sebagaimana diberitakan Engadget, Rabu (23/3/2016), penghentian dukungan media sosial terpopuler di Blackberry berlaku baik untuk aplikasi Facebook dan layanan Facebook Messenger. Alasannya adalah platform Blackbery 10 dianggap lagi mampu mendukung perkembangan fitur-fitur Facebook.

“Meskipun perangkat-perangkan ini sudah menjadi bagian penting dari sejarah kami, mereka tak lagi menawarkan kemampuan yang kami butuhkan untuk memperluas fitur aplikasi di masa yang akan datang,” tulis Facebook dalam keterangan resminya.

Tak cuma Blackberry 10, Facebook juga menyetop dukungan aplikasinya di sejumlah sistem operasi jadul lainnya. Seperti Symbian S60, S40 milik Nokia dan sejumlah Android lawas yang memiliki pengguna sedikit.

Meski begitu, bukan berarti aplikasi Facebook akan hengkang sepenuhnya dari perangkat Blackberry. Karena ada juga smartphoneBlackberry yang menggunakan OS Android yaitu Blackberry Priv yang tetap mendapat dukungan dari Facebook.

“Kami sangat kecewa dengan keputusan mereka karena kami tahu banyak pengguna yang menyukai aplikasi Facebook. Kami sudah berusaha keras untuk mengubah keputusan Whatsapp dan Facebook, namun untuk saat ini keputusan itu tak akan berubah,” ujar tulis BlackBerry dalam blog resminya.

Media sosial terpopuler Facebook menyebut kalau saat ini 99,5% penjualan smartphone dikuasai oleh sistem operasi buatan Apple, Google dan Microsoft. Mungkin itu juga yang menjadi alasan lain Facebook untuk menghentikan dukungannya ke Blackberry 10.

Saat ini, pengguna Blackberry 10 tentu masih bisa mengakses Facebook, namun hanya melaluibrowser, yang artinya pengalaman penggunanya tak akan sebaik apabila menggunakan aplikasi resmi.

Aplikasi smartphone Whatsapp juga memastikan takkan lagi memberi dukungan bagi perangkat dengan sistem operasi BlackBerry, Nokia, Android dan Windows Phone versi lama akhir tahun 2016. Para pengguna smartphone dengan OS tersebut diharapkan pindah haluan.

Aplikasi chatting terpopuler milik Facebook itu menghentikan dukugan untuk seluruh OS BlackBerry termasuk Blackberry 10, Nokia S40 dan Nokia Symbian S60. Selain itu juga OS lama Android 2.1, 2.2 dan Windows Phone 7.1.

Aplikasi smartphone Whatsapp lalu menyarankan pengguna perangkat dengan OS tersebut segera beralih ke yang lebih baru. Ini untuk memastikan mereka tetap bisa menggunakan Whatsapp.

“Meski perangkat mobile itu jadi bagian penting dari kisah kami, mereka tak menawarkan kapabilitas yang kami perlukan untuk mengembangkan fitur aplikasi kami di masa depan. Ini adalah keputusan berat, tapi adalah hal yang benar dalam rangka memberikan orang-orang cara lebih baik untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga dan orang tercinta,” tulis Whatsapp di blog resminya.

Sebenarnya, OS yang tidak didukung lagi seperti Blackberry 10 belum begitu tua usianya, namun memang penggunanya tidak banyak. Fans Blackberry tetap bisa menggunakan perangkat yang didukung Whatsapp, yaitu Blackberry Priv yang memakai Android. (MAB)

Rekomendasi

Baca Juga