News Menuju Industri Kreatif yang Mendunia, Tenun Ikat Kediri

Menuju Industri Kreatif yang Mendunia, Tenun Ikat Kediri

sisiusaha (4/12)

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengemukakan pemerintah ingin menggerakkan ekonomi rakyat, terutama industri kreatif tradisional kain tenun ikat. Kain ini adalah ciri khas kerajinan dari Kediri yang sudah terkenal.

“Kami ingin terus gerakkan ekonomi kreatif. Kami ingin perekonomian warga bergerak. Kain tenun adalah salah satu produk unggulan Kota Kediri,” katanya, seperti dikutip sisiusaha.com dari madiunpos.com, Rabu (2/12/2015).

Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur ingin kain tenun ikat yang merupakan produksi khas dari industri di kota ini bisa semakin dinikmati oleh masyarakat se-Nusantara maupun dunia. Wali Kota mengatakan, produk tenun ikat asal Kediri ini berbeda dengan tenun ikat dari daerah lain. Setiap kain tenun dibuat satu per satu dengan mesin tradisional dan dipintal.

“Tenun itu adalah produk tangan dan ini yang bikin tenun Kediri beda. Tenun ini punya corak beda, dan kami ingin kerjasama dengan daerah lain supaya tenun ikat bisa dikombinasi dengan tenun daerah lain,” katanya.

Wali Kota Abdullah Abu Bakar juga mengatakan, pemerintah tidak henti-hentinya mendorong pengusaha tenun ikat di Kediri ini untuk terus berkarya dan tidak gulung tikar. (RIMA)

Rekomendasi

Baca Juga