News Pesona Pantai Sundak Jogja

Pesona Pantai Sundak Jogja

sisiusaha (3/12)

Pantai Sundak dan lingkungannya sangat menakjubkan. pasir putih yang resik dan air laut yang jernih. berjalan dari bibir pantai ke tengah laut yang relatif dangkal hingga sejauh 30 meter dan menjumpai batu-batu karang kecil berjajar dan menjadi persembunyian biota-biota laut yang mungil.

Tampak beberapa bukit batu karang dan batu kapur di utara pantai dengan tinggi sekitar 12 meter. yang melatari pantai dan menambah keelokan pesona alam kawasan Pantai Sundak. Di dalam salah satu bukit batu karang tersebut terdapat gua, yang di dalamnya ada sumur air tawar yang menjadi sumber mata air.

Sepanjang pantai dihiasi  pohon-pohon yang membuat sejuk hembusan angin laut di sekitar pantai. Di sore hari, dari bawah pepohonan ini, dapat menikmati cantiknya matahari terbenam di ufuk Samudra Hindia.

Pantai Sundak berada dalam satu area dengan sebagian obyek wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul. Beberapa pantai lain yang letaknya berdekatan dengan Pantai Sundak ialah: Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Kukup, Pantai Drini, dan Pantai Sepanjang.

Menurut legenda, di pantai ini terjadi pertarungan antara seekor anjing dan landak. Pertarungan terjadi karena seekor anjing yang sedang kelaparan secara kebetulan berjumpa seekor landak. Si landak kemudian dikejar dan akhirnya menjadi mangsa anjing kelaparan tadi. sehingga pantai ini disebut sundak. (sundak merupakan paduan dari kata asu dan landak ).

Pantai yang lingkungannya cukup bersih dan terawat dengan baik ini masih dikelola oleh warga sekitar. Pantai Sundak masuk di wilayah Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini dapat dijangkau dengan kendaraan darat dari Yogyakarta Gunungkidul, Wonosari selama 1 jam , kemudian dilanjutkan  menuju Pantai Baron atau Krakal 40 menit—1 jam.

Di Pantai Sundak belum ada penginapan tetapi, di beberapa pantai di sebelah barat Pantai Sundak, yakni Pantai Kukup, Pantai Krakal, atau Pantai Baron terdapat penginapan-penginapan sederhana atau  menyewa homestay di sekitar kawasan ini. Selain itu, terdapat pula kedai-kedai makan dengan cita rasa  masakan ikan. Warung-warung kecil yang berjajar di tepi pantai ini menawarkan masakan hasil laut nelayan setempat. (MAB)

Rekomendasi

Baca Juga