News Pelaku UKM Perlu Baca Berita Ini Dan Anda Akan Tersenyum

Pelaku UKM Perlu Baca Berita Ini Dan Anda Akan Tersenyum

sisiusaha (3/12)

Direktorat Jenderal Standarisasi dan Pengembangan Konsumen (SPK) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Widodo mengungkapkan, Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki peranan penting dalam laju pertumbuhan perekonomian masyarakat. UKM membantu negara/pemerintah dalam hal penciptaan lapangan kerja baru. UKM juga banyak menciptakan unit kerja baru yang menggunakan tenaga-tenaga baru sehingga dapat mendukung pendapatan rumah tangga.

“UKM memiliki fleksibilitas yang tinggi jika dibandingkan dengan usaha yang berkapasitas lebih besar. Karena itu perkembangan UKM di Indonesia perlu mendapat perhatian yang khusus dan dukungan informasi akurat, agar terjadi link bisnis yang terarah antara pelaku UKM dengan elemen daya saing usaha,” ujar Widodo di Kantor Kemendag, Jakarta.

Selain INATRIMS (Indonesia Technical Requirements Information System), kata Widodo, Kemendag juga memiliki Customer Service Center (CSC) yang dibentuk sebagai pelayanan terpadu untuk memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam memperoleh berbagai informasi perdagangan ekspor. Layanan tersebut seperti informasi layanan konsultasi bisnis, informasi pameran, dan pelatihan, serta business matching dan pendampingannya.

Melalui berbagai kemudahan yang disiapkan Kemendag, Widodo mengharapkan pelaku usaha dapat memanfaatkannya guna meningkatkan akses terhadap persyaratan standar dan peraturan teknis negara tujuan ekspor yang akhirnya dapat mendorong peningkatan ekspor. (MAB)

Rekomendasi

Baca Juga