News Tol Cileunyi-Tasikmalaya Mampu Pacu Industri Kreatif

Tol Cileunyi-Tasikmalaya Mampu Pacu Industri Kreatif

sisiusaha (27/11)

Kamar dagang dan Industri (KADIN) Jawa Barat menilai rencana pemerintah setempat yang akan membangun Tol Cileunyi-Tasikmalaya (Citas) dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sektor industri kreatif dan pariwisata. 

Wakil ketua Kadin Jabar bidang pemberdayaan Ekonomi dan Potensi Daerah Nana Mulyana mengatakan saat ini pertumbuhan ekonomi di Priangan Timur cukup bergairah. "Sekarang industri kreatif terutama fesyen di Priangan Timur sangat pesat pertumbuhannya, namun hal tersebut belum ditopang oleh kunjungan buyers yang belum menunjukan peningkatan signifikan karena akses infrastruktur yang belum memadai," katanya.
 
Dia menjelaskan pelaku usaha industri kreatif di Priangan Timur yang sedang bergairah salah satunya di wilayah Tasikmalaya. Di kawasan itu, lanjut dia, pemasaran produk masih dirasa sulit karena tingkat kunjungan buyers belum signifikan. Menurutnya, jika akses infrastruktur sudah memadai maka buyers dengan sendirinya akan berdatangan. "Bahkan produk industri kreatif itu dipasarkan oleh buyers, tidak oleh pelaku usahanya," lanjutnya.
 
Begitupula dengan sektor pariwisata, Nana melanjutkan, saat ini tingkat kunjungannya cenderung stagnan meskipun mengalami peningkatan setiap tahunnya. "Kami melihat sektor pariwisata memang sangat dominan tapi mayoritas datang ke Pangandaran, belum ke ekowisata dan kuliner. Padahal kedua sektor itu sangat menjanjikan," katanya. Dia menjelaskan 100% kunjungan wisatawan yang datang ke Jabar 70% ke Bandung dan 30% ke wilayah Priangan Timur.

Akan tetapi, jika akses tol sudah terbuka lebar maka kunjungan wisatawan bisa terbalik. "Bahkan wisatawan yang datang ke Priangan Timur bisa 70%," ujarnya. Agar pertumbuhan ekonomi Priangan Timur benar-benar bergairah, maka Pemprov Jabar harus bersinergi dengan pemerintah pusat untuk secepatnya membangun Tol Citas. "Kami juga akan menjadi garda terdepan untuk mencari investor untuk berdatangan ke Priangan Timur," imbuhnya. (MAB)

Rekomendasi

Baca Juga