News Bandung Menyambut MEA

Bandung Menyambut MEA

Sisiusaha (5/6)

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economic Community (AEC) merupakan kesepakatan negara-negara ASEAN dalam meningkatkan kerjasama di bidang ekonomi, dan akan diberlakukan pada 31 Desember 2015. Bentuk kerjasama ini bertujuan agar terciptanya aliran bebas barang, jasa, dan tenaga kerja terlatih, serta aliran investasi yang lebih bebas.

Pada momen ini, Indonesia mempunyai peluang untuk mengembangkan potensi ekonomi, khususnya di wilayah industri kreatif. Hal tersebut dikarenakan Indonesia mempunyai potensi besar pada sektor ini. Banyak kota-kota maupun daerah-daerah di Indonesia yang sangat menonjol perkembangannya di wilayah industri kreatif, contohnya Bandung.

Bandung sudah tidak disangsikan lagi sebagai salah satu kota kreatif di Indonesia. Tingginya kreativitas sumber daya manusia yang berada di kota ini, menjadikan Bandung sebagai barometer pertumbuhan industri kreatif di tingkat nasional. Tidaklah heran bila berbagai macam predikat kini mulai bermunculan dari kalangan masyarakat, mulai dari kota besar yang dikenal sebagai pusat perkembangan mode, pusat kreasi seni dan budaya, pusat jajanan dan kuliner, serta sebutan Paris van Java yang sekarang ini menjadi salah satu icon tujuan wisata di Bandung.

Di Bandung sendiri, industri kreatif terdiri dari beberapa sektor, diantaranya adalah:

• Industri Fashion

Pertumbuhan industri fashion di Bandung tergolong sangat pesat, bahkan tidak sedikit pelaku usaha yang sekarang ini sengaja memilih bisnis Factory Outlet (FO), Clothing Company (CC), maupun Distro (distribution store) untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya. Di Kota Bandung sendiri, kawasan Dago merupakan salah satu kawasan yang terkenal di wilayah industri fashion, selain Dago terdapat juga kawasan lain yang tidak kalah kualitasnya seperti Jl. Riau yang juga terdapat banyak Factory Outlet (FO) serta distro-distro lain. Dan masih banyak lagi wilayah-wilayah di Kota Bandung yang perekonomianya fokus terhadap industri fashion ini.

• Industri Desain

Tingginya kreativitas dan nilai seni yang dimiliki masyarakat Bandung, menjadi modal utama bagi mereka untuk mengembangkan sektor industri desain yang semakin tumbuh subur di Bandung. Terkenal dengan sebutan kota mode, menjadikan desain pakaian yang diproduksi masyarakat Bandung terbilang cukup unik dan sangat menarik. Hal inilah yang menjadikan hasil karya desain anak muda Bandung dihargai cukup tinggi oleh para konsumen. Bahkan sekarang ini, industri desain tidak hanya terbatas pada jenis fesyen konvensional, namun juga mulai merambah bisnis kerajinan, instrumen teknikal, desain jam tangan, perhiasan, barang mewah, perlengkapan rumah tangga, dan lain sebagainya.

• Industri IT (Information Technology)

Kemajuan teknologi informasi saat ini begitu pesat. Fenomena ini berimbas kepada perkembangan industri kreatif yang berbasis information technology, dan Bandung sendiri juga sangat berperan aktif dalam perkembangannya. Seperti yang kita ketahui banyak juara-juara robotic Internasional yang berasal dari beberapa Universitas yang terdapat di Kota Bandung. Serta pembangunan Bandung Command Centre yang berhasil didirikan oleh Pemerintah Kota Bandung dalam merealisasikan misi Bandung menjadi Smart City.

• Industri Kuliner

Bandung juga memiliki potensi bisnis kuliner yang sangat beragam. Dari mulai menu masakan nusantara hingga menu kuliner mancanegara, ditawarkan para pelaku usaha untuk memanjakan para pecinta kuliner di daerah Bandung dan sekitarnya. Melihat pertumbuhan bisnis tersebut semakin matang, sebagian pelaku usaha kuliner di Bandung mulai membentuk sebuah komunitas pengusaha yang diberi nama Sindikat Kuliner.

Melihat banyaknya peluang usaha kreatif yang terdapat di daerah Bandung, tidaklah heran bila Kota Bandung menjadi gudangnya para pebisnis kreatif dan menjadi salah satu daerah di Indonesia yang ikut serta mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif di tingkat nasional. Bandung juga merupakan kota dengan potensi besar yang dapat menjadi peluang bagi Pemerintah Indonesia untuk menghadapi ASEAN Economic Community (AEC), atau yang biasa disebut masyarakat Indonesia sebagai Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). (AS)

Rekomendasi

Baca Juga